Kamis, 03 Desember 2009

Penyebab Nafsu Makan Meningkat Tinggi Yang Membuat Banyak Makan


Baik disadari maupun tidak kita makan dan minum umumnya karena didorong oleh nafsu. Jika kita lapar kita makan dan jika kita merasa haus kita akan minum. Terlalu banyak makan jelas tidak baik bagi kesehatan tubuh kita, terebih lagi bila makanan yang kita makan masuk ke dalam golongan makanan sampah alias junk food.

Menekan nafsu makan minum kita serta memilih makanan dan minuman yang tepat adalah pilihan terbaik untuk menghindari dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Untuk menahan nafsu butuh latihan yang salah satu diantaranya adalah dengan melakukan puasa. Pelajarilah dan pahami hal-hal yang membuat nafsu makan kita meningkat.

Beberapa hal/faktor/alasan yang membuat nafsu makan meningkat :

1. Pada saat buka puasa nafsu makan tidak terkontrol sehingga kita makan dan minum apa saja hingga kita kenyang berat.

2. Tidak sarapan pagi sehingga kita menganggap banyak makan di waktu siang atau makan snack/berat antara makan pagi dan makan siang kita anggap boleh banyak.

3. Punya stok makanan dan minuman enak yang berlimpah ruah di rumah atau kantor bisa menyebabkan kita ingin cicip-mencicip tiap makanan yang ada.

4. Ketika bekerja lembur baik sore dan malam hari kita menjadi lebih banyak makan karena kita menganggap tubuh kita butuh energi ekstra.

5. Menunda waktu makan karena ada acara, terjebak macet, pelayanan restoran yang lambat, mengurus anak dan lain-lain dapat membuat perut keroncongan tingkat tinggi sehingga kita makan lebih lahap dari biasanya.

6. Terkadang nafsu yang tidak kita sadari muncul yaitu seperti ketika ngemil sambil nonton tv, bekerja, memasak, belajar, dan lain sebagainya sehingga bisa jadi kita tanpa sadar kita menghabiskan satu kantung besar kacang kulit dalam beberapa jam saja.

7. Bertemu dengan makanan favorit yang kita suka sudah pasti akan membuat air liur kita menetes deras sehingga kita akan makan dengan semangat tinggi.

8. Ikut wisata kuliner akan menghadapkan kita pada banyak makanan yang mengundang selera sehingga kita bisa makan lebih banyak dari biasanya dan terus-menerus.

Dan masih banyak lagi lainnya, di mana kesemuanya perlu kita waspadai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar